Iklan Banner

Selamat sore rekan-rekan pengunjung setia RepublikIklan.com, semoga dalam keadaan sehat dan jauh dari masalah. Belanja online di Indonesia setiap tahunnya meningkat dan mulai menjadi bagian dari gaya hidup sehari-hari. Dibalik maraknya belanja online, masih ditemukan juga kasus-kasus kriminal berupa penipuan yang di lakukan oleh penjual online atau toko online.

Silahkan curiga dan selidiki lebih lanjut jika:

  • Toko online atau penjual online menawarkan harga produk yang sangat jauh lebih murah dari toko resmi atau produsen resmi. Jangan terpancing oleh harga yang sangat murah, berbahaya, mau untung bisa buntung. Mau lebih aman ? Cari toko online dengan alamat fisik/alamat toko yang terdekat dengan rumah atau kantor. Gunakan cara bayar ditempat atau Cash on Delivery, jika tersedia lho. Agar lebih aman lagi, gunakan fasilitas garansi uang kembali jika barang tidak sesuai dengan pesanan.
  • Nomor telpon dari toko online sering berubah-ubah atau tidak bisa dihubungi di hari kerja / jam kerja. Silahkan tanya pada rekan kerja, keluarga atau tetangga tentang toko online tersebut, mungkin saja ada yang pernah melakukan transaksi dengan toko online tersebut. Silahkan gabung dan bertanya pada forum/komunitas online yang terkait seperti kaskus atau group di facebook.
  • Nomor rekening bank dari toko online sering berubah-ubah
  • Pelayanan komunikasi pelanggan lebih sering Off. Support yahoo messenger atau web chat sering off di hari kerja / jam kerja.

Ingat ! Tidak semua toko online bermasalah atau mencurigakan, masih banyak toko online yang memberikan pelayanan terbaik, dengan harga wajar dan memberikan kepuasan pada pelanggannya. Saya pernah membeli cover Macbook Air berwarna biru pada sebuah toko online yang khusus menjual aksesoris produk-produk Apple, pengiriman sangat memuaskan, produknya presisi dan cantik. Harga yang dibayarkan lebih mudah sekitar Rp. 50.000,- dibandingkan harga yang dipajang di pameran komputer selang 1 minggu kemudian. Semoga tips aman belanja online ini bermanfaat untuk rekan-rekan semua.